Bayi Anda Demam? Lakukan Skin to Skin Contact

Posted by Anonymous on 6:41 AM

Bayi Anda Demam? Lakukan Skin to Skin Contact - Skin to skin contact ditengarai bisa membantu menurunkan demam si kecil. Jika ingin melakukannya, perhatikan caranya.

dr Meta Hanindita, SpA dari RS Dr Soetomo Surabaya mengatakan penjelasan skin to skin contact ditengarai bisa mengurangi panas badan anak adalah sebagai berikut: saat anak panas, secara otomatis suhu panas dari tubuh si kecil akan 'mencari' permukaan lain yang lebih dingin, yakni kulit ayah atau ibunya.


Nah, setelah panas anak terserap oleh orang tua, demamnya akan berangsur-angsung menghilang. Permukaan kulit ayah atau ibu yang jauh lebih luas daripada anak akan mampu menyalurkan suhu panas ini ke seluruh tubuh sehingga ayah atau ibu tidak ikut demam juga. Meski demikian dr Meta mengaku belum pernah membaca penelitian terkait skin to skin contact yang bisa menurunkan demam anak.

Berikut ini cara melakukan skin to skin contact:

1. Pakai blus bukaan depan lalu buka kancingnya. Buka pula bra yang dikenakan.

2. Bayi hanya menggunakan popok diletakkan di dada orang tuanya yang terbuka dalam posisi tegak. Pastikan kulit orang tua bersentuhan dengan kulit bayi.

3. Tutupi bayi dengan baju yang dikenakan orang tua atau selimut.

4. Tenang, dan nikmati proses bonding ini.

5. Biarkan bayi beristirahat, jangan mengajak bayi bermain.

Menurut dr Meta, skin to skin contact ini bisa dilakukan siapa saja. "Bisa dilakukan siapapun kok, ayah atau ibu," ucapnya.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 6:41 AM

0 comments:

Post a Comment

Total Pengunjung

MMH. Powered by Blogger.
CB